Another Source

Rabu, 07 Maret 2012

Menjelajah dunia maya dengan terminal

www.google.com

Assalamualaikum!!!
 
Sebelumnya saya telah memposting Blog yang Berjudul "Menjelajah Internet dengan Mode CUI Terminal GNU/Linux" di Wakakaksite, di website saya sendiri. Maaf ya klo repost, tapi ini adalah asli tulisan saya. :p
Sudah lama tak berjumpa ya, kini saya akan menshare apa yang saya ketahui. dalam hal ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya Menjelajah Internet dengan mode CUI terminal GNU/Linux.  Jika kondisi jaringan lambat sementara yang ingin kita akses adalah data text dan bukan riasan gambar, grafik, atau animasi penyerta, dengan browser mode text pun anda bisa berinternetan di terminal (konsole) ataupun anda hanya iseng saja biar terlihat KEREN internetan pakai mode CUI di Terminal haha :p
Tentu saja yang harus anda perhatikan adalah mengecek layanan, sebut saja layanan (perintah) ini adalah w3m. Cara melihat apakah perangkat lunak ini sudah terinstal apa belum anda cukup mengetik w3 lalu tekan tab. atau anda mengetikan :
  1. w3m --help 
jika sudah ada maka akan keluar mode seperti gambar di bawah ini :
Biasanya setiap distro telah mensertakan w3m (H) . Nah, bagaimana jika belum ada??? wkwkwk anda bisa mendownload nya disini. Jika tidak, anda bisa install online sesuai dengan paket distro anda. bagaimana cara instalasi nya?? Anda cukup baca postingan kami yang sebelum nya disini.
Untuk memulai nya buka terminal anda. lalu ketik : Saya beri contoh, kita akan memasuki dunia google, maka
  1. w3m  www.google.com   
atau kita akan bermain paisbuk, eh facebook maksud nya hehe. maka
  1. w3m  m.facebook.com 
Nah, untuk keterangan selanjutnya anda dapat mencari informasi dengan menggunakan perintah :
  1. man w3m 
  1. w3m  --help 
  1. whatis w3m 
  1. apropos w3m 
Ok, sekian dari saya. jika ada kesalahan mohon instruksi nya :D

0 komentar:

Posting Komentar