Another Source

Rabu, 07 Maret 2012

Sejarah dan perkembangan Linux

Linux adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Benedick Torvalds. Dari universitas Helsinki, Finlandia. Sebagai proyek hobinya mulai tahun 1991. Ia menulis linux , sebuah kernel untuk Prosessor 80386, Prosessor 32 Bit pertama dalam kumpulan CPU Intel yang cocok untuk PC. Baru pada tanggal 14 maret 1994 Versi 1.0 mulai di luncurkan , dan hal ini menjadi alas tonggak sejarah Linux. Linux merupakan clone dari unix yang telah di port ke beragam platform , antara lain intel 80 x 86 , Alpha AXP , MIPS , Sparch , Power PC , dsb. Sekitar 95 % kode sumber kernel sama untuk semua platform perangkat keras.

Macam distro-distro linux : Debian GNU / Linux, Ubuntu, Red Hat Linux, Fedora, Slackware, Open S.u.S.E, Turbo Linux, Knoppix, Rimba Linux, Mandriva, Linux Mandrake, Trustix Merdeka, Trustix Secure Linux, WinBi Linux, Lindows, Linare
Macam - macam distribusi atau distro - distro linux ini akan di bahas dan di jelaskan lebih mendalam pada “ DISTRO” berikut :


DEBIAN GNU / LINUX ( http://www.debian.org/


Debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux. Debian termasuk salah satu sistem operasi Linux yang bebas untuk dipergunakan dengan menggunakan lisensi GNU. Debian adalah 'kernel independen', yaitu sistem operasi Debian dikembangkan murni tanpa mendasarkan pada sistem operasi yang telah ada. Proyek Debian tumbuh lambat pada awalnya dan merilis versi 0.9x di tahun 1994 dan 1995. Pengalihan arsitektur ke selain i386 dimulai ditahun 1995. Versi 1.x dimulai tahun 1996. Ditahun 1996, Bruce Perens menggantikan Ian Murdoch sebagai Pemimpin Proyek. Dalam tahun yang sama pengembang debian Ean Schuessler, berinisiatif untuk membentuk Debian Social Contract dan Debian Free Software Guidelines, memberikan standar dasar komitmen untuk pengembangan distribusi debian. Dia juga membentuk organisasi "Software in Public Interest" untuk menaungi debian secara legal dan hukum.
De 2 , http://de2.vism.org/
DeAl, http://deal.vlsm.org
Knoppix , http://www.knoppix.org/
Debian jp , http://www.debian.linux.or.jp/



UBUNTU ( http://www.ubuntu.org/ )
UBUNTU adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu dan kami mengundang Anda untuk turut serta berpartisipasi mengembangkan Ubuntu
UBUNTU adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. " UBUNTU " berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti " rasa. UBUNTU cocok sekali digunakan baik untuk desktop maupun server. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC ( Intel x86 ), PC 64-bita ( AMD64 ), PowerPC ( Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5 ), Sun UltraSPARC dan T1 ( Sun Fire T1000 dan T2000. UBUNTU menyertakan lebih dari 16.000 buah perangkat lunak, dan untuk instalasi desktop dapat dilakukan dengan menggunakan satu CD saja. Ubuntu menyertakan semua aplikasi standar untuk desktop mulai dari pengolah kata, aplikasi lembar sebar ( spreadsheet ) hingga aplikasi untuk mengakses internet, perangkat lunak untuk server web, peralatan untuk bahasa pemrograman dan beragam permainan seru.



RED HAT LINUX ( http://www.redhat.com/ )
Red hat adalah distro yang sangat cukup terpopuler di kalangan pengembang dan perusahaan LINUX. Dukungan – dukungan secara teknis , pelatihan , sertifikasi , aplikasi pengembangan dan bergabungnya para hacker kerdel dan free softwarenya seperti : Alan cox, Michael Johnson, Stephen tweedie. Menjadikan red hat berkembang cepat dan di gunakan pada perusahaan – perusahaan. Poin terbesar dari distro red hat ini adalah Red hat Package Manager ( RPM ).



FEDORA ( http://fedora.org/ )
FEDORA merupakan salah satu lagi distro linux. Tanggal 31 Mei 2008, Fedora 7, versi teranyar dari distribusi gratis yang disponsori oleh Red Hat resmi dirilis. Rilis kali ini menjadi yang pertama kalinya digabungkannya komponen Core dan Extra. Karenanya mulai versi ini nama Fedora diubah tanpa embel-embel Core lagi. Rilis yang diberi nama alias Moonshine ini merupakan rilis pertama dimana seluruh pengembangannya ditangani oleh komunitas. dan untuk pertama kalinya diperkenalkan Fedora versi LiveCD/DVD. Sampai saat tulisan ini diterbitkan versi fullnya baru tersedia untuk DVD. Sementara untuk versi CD hanya tersedia dalam bentuk livecd berbasis KDE atau Gnome.



SLACK WARE ( http://www.slackware.com/ )

Slack ware merupakan distronya PATRICK VOLKERDING yang pertama kali setelah SLS. Slack ware di kenal lebih dekat dengan gaya UNIX. Sederhana , stabil , mudah di cudtom , dan di desain untuk komputer 389 / 486 atau komputer yang lebih tinggi. Distro ini termasuk distro yang criptic dan manual sekali badi pemula LINUX. Tapi dengan menggunakan distro ini, para penggunanya dapat mengetahui banyak cara kerja sistem dan distro slack ware tersebut, debian adalah salah satu distro selain slack ware yang masuk dalam kategori ini. Sebagian besar aktifitas konfigurasi di slack ware di lakukan secara manual ( tidak ada tool seperti yast pada S.u.S.E atau pun configurasi pada Red Hat )



OPEN S.u.S.E ( http://www.suse.com/

open S.u.S.E adalah distro yang populer di jerman dan eropa terkenal akan dukungan driver VGA nya dan Yast S.u.S.E. tersedia secara komersial dan untuk versi GPL nya dapat di install melalui FTP disitus suse. Instalasi berbasis menugrafis dari cd-rom, disket, boot modular, 400 halaman buku referensi, dukungan teknis, dukungan driver driver terutama VGA dan TOOL administrasi sistem suse, yast, membuat beberapa pengguna memilih distro ini. Suse juga terlibat dalam pembuatan X Server (video driver) untuk proyek X Free 86 sehingga X Server Distro ini mendukung kartu grafis baru. Suse menggunakan 2 sistem pemaketan yaitu RPM (versi lama) dan SPM, Suse package manager (versi lama).


0 komentar:

Poskan Komentar