Another Source

Rabu, 07 Maret 2012

Setting internet dengan modem ponsel

Pemanfaatan ponsel sebagai modem untuk mengakses internet merupakan salah satu alternatif koneksi internet.  Penggunakan koneksi internet dengan cara ini merupakan pemanfaatan fasilitas GPRS dari layanan provider dari operator ponsel. Penghitungan biaya koneksi didasarkan pada ukuran data yang dikirim dan diterima. Konfigurasi dari  koneksi cara ini adalah sebagai berikut.

Model via ponsel..Koneksi internet dengan modem ponsel adalah dengan cara menghubungkan ponsel ke komputer (PC) atau laptop (notebook) dengan menggunakan kabel data, infrared atau bluetooth. Dan pastikan layanan GPRS dari operator ponsel sudak aktif. Untuk menghubungkan komputer dengan ponsel perlu konfigurasi atau seting untuk koneksi tersebut, sesuai dengan jenis penghubungnya yang biasanya diperlukan sebuah driver koneksi (baik kabel data, infrared maupun bluetooth).  Komputer akan memberikan sebuah port untuk koneksi tersebut.
Bila ponsel dan komputer sudah terhubung, diperlukan inisialisasi modem ponsel ke komputer. Untuk proses inisialisasi modem ini diperlukan driver modem sesuai jenis perangkat ponsel yang digunakan. Bila tidak tersedia dalam kotak atau box handset ponsel maka kita harus men-download driver ponsel tersebut di situs vendor  perusahaan pembuat ponsel tersebut melalui internet.
Setelah driver perangkat ponsel tersedia dilanjutkan dengan instalasi modem ponsel ke komputer. Ada kalanya komputer tidak bisa mengenali secara langsung (otomatis) modem dari ponsel yang kita hubungkan meskipun komputer dan ponsel telah terhubung dan driver sudah terinstalasi. Bila hal ini terjadi inisialisasi modem ponsel di komputer dilakukan secara manual.
Untuk operasi sistem windows dilakukan melalui : 
  • Start-Control Panel-Phone and Modem Options. Pada Tab Modems terlihat daftar modem yang telah terinstal, bila belum ada dalam list tersebut maka dilakukan Add.
  • Klik Add-(check Dont detect my modem; I will select it from a list)- klik Next. Lihat daftar modem pada kolom Manufacturer dan Models apakah sudah ada atau belum. Bila belum klik Have Disk-Browse (ke folder driver modem yang kita download) Misal: nmpCDMA2000_1x.inf-Klik OK. Kemudian kita select di kolom Manufacture (misal : Nokia Phone CDMA 2000 1x Data/Fax v.1) dan select Models (misal: Nokia CDMA2000 1x 3G Paket Data Modem) - Klik Next.
  • Pilih port sesuai koneksi ponsel dari list port yang akan di instal modemnya. Klik Next.
  • Setelah muncul dalam daftar modem, select modem dan klik Properties. Pada Tab Diagnostics klik Query Modem (untuk memastikan modem sudah dikenali oleh komputer) dan pada Tab Advanced-Isi kotak Extra Initialization commands untuk CDMA dengan at+crm=1;+cso=33  atau untuk GSM masing-masing operator  seperti berikut : AT+CGD-CONT=1,"IP","APN" . APN (Access Point Name) sesuai dengan operator Telkomsel (internet), Matrix (Satelindogprs.com), IM3 (www.indosat-m3.net) dan XL (www.xlgprs.net). Misal untuk telkomsel masukan isian AT+CGD-CONT=1,"IP","internet" . Klik OK untuk menyimpan konfigurasi tersebut.
  • Klik OK (Window Phone and Modem Options)
Kemudian membuat konfigusari Dial-Up melalui Network Connection - Create a new connection - Klik Next :
  • Select (Conect to the Internet) - Klik Next
  • Select (Set up my connection manually) - Klik Next
  • Select (Connect using a dial-up modem) - Klik Next
  • Masukan isian nama koneksi tersebut (misal Flexi Connect)
  • Masukan isian nomor akses dial sesuai operator (misal #777)
  • Masukan Username (misal telkomnet@flexi) dan Password (telkom)
  • Check Add a shortcut to this connection to my desktop - Klik Finish
Pada desktop akan muncul Shortcut koneksi internet dengan nama Flexi Connect.
Berikut tabel Konfigurasi Dial-Up untuk beberapa operator.
     Jenis Kartu          Nomor Dial Akses          Username          Password

     Simpati                 *99***1#                         wap                  wap123
     Halo                     *99***1#                         wap                   wap123
     Matrix                  *99***1#
     IM3                      *99***1#                          gprs                  im3
     Fren                    #777                               m8                     m8
     Flexi                    #777                               telkom@flexi
     telkom
     Star One             #777                               starone             indosat
Matrix : Username dan Password dikosongkan.

0 komentar:

Posting Komentar