Another Source

Selasa, 09 Oktober 2012

Tips dan trik komputer


. Memperbaiki Ikon
Tips: Wednesday, 24 Sep 2003 9:15:57 WIB


Suatu saat ikon Windows bisa saja rusak atau terkorupsi dan perlu di-refresh. Kalau sudah seperti ini biasanya ikon menjadi ikon kotak berwarna putih. Untuk mengatasi hal ini, hapus file dari icon cache.

Caranya:
1.      Cari file ShellIconCache di folder Windows. File ini biasanya beratribut Hidden (disembunyikan) yang berarti DOS tidak akan mengijinkan kita untuk mengakses file ini.
2.      Masih di dalam Windows Explorer, klik kanan file ShellIconCache dan pilih [Properties].
3.      Hilangkan tanda cek pada kotak Hidden.
4.      Buka DOS (MS-DOS Promt), kemudian masuk ke lokasi di mana ShellIconCache berada melalui DOS. Sekarang Anda dapat melihatnya dengan nama Shelli~1 pada DOS (penamaan pada DOS untuk ShellIconCache).
5.      Hapus Shelli~1 melalui DOS, lalu keluar dari DOS.
6.      Restart Windows dan file cache akan dibuat kembali dengan ikon-ikon baru.


. PowerPoint 2000, 2002: Membuat Kios (Presentasi) Otomatis
Tips: Monday, 15 Sep 2003 10:14:1 WIB

Kadang-kadang self-running kiosk terbukti berguna saat Anda sedang tidak berada di tempat untuk menyampaikan informasi kepada siapa saja yang berminat dengan apa yang Anda presentasikan. Nah, bagaimana membuat kios-kios seperti itu dengan PowerPoint?

Langkah pertama adalah membuat presentasi Anda berjalan secara otomatis. Lalu klik menu Slide Show dan pilih Set Up Show. Ketika kotak dialog Set Up Show muncul, di bagian Show type, klik Browsed at a kiosk (full screen). Di bagian Show slide, pilih All atau tentukan slide-slide tertentu yang ingin Anda tampilkan. Bila Anda menggunakan PowerPoint 2002, jangan lupa memilih Loop continuously until 'Esc' di dalam Show Options.

Sekarang Anda lihat bagaimana Advance slides, klik Using timings, if present. Klik OK dan coba jalankan presentasi Anda. Untuk keluar dari presentasi saat sedang berjalan, klik saja Esc. (Majalah InfoKomputer edisi September 2003)



. Mengubah Jumlah Gulungan Baris pada Mouse Scroll
Tips: Wednesday, 10 Sep 2003 10:56:5 WIB


Saat ini sudah tidak aneh lagi jika sebuah komputer dilengkapi dengan mouse yang memiliki scroll. Kemampuan untuk scrolling ini sebenarnya sangat memudahkan user dalam menggulung halaman yang panjang, baik itu halaman di Web ataupun pada aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office.

Ketika pertama kali Anda memasang mouse scroll di komputer, Microsoft "hanya" akan memberikan nilai default tiga baris untuk satu scroll. Sebenarnya nilai tiga ini sudah cukup nyaman untuk digunakan.

Namun jika Anda menginginkan jumlah gulungan yang lebih banyak atau lebih sedikit setiap memutar scroll, Anda dapat mengubahnya. Ada dua cara untuk melakukan perubahan jumlah gulungan ini, melalui Control Panel atau dapat juga dilakukan melalui Registry. Kita akan membahas kedua cara ini.

Melalui Control Panel
1.      Klik Start >> Control Panel >> Printers and Other Hardware >> Mouse.
2.      Pada Mouse Properties, masuklah ke tab Wheel.
3.      Pilih option The following number of line at a time:
4.      Masukkan jumlah baris yang akan digulung per scroll pada kotak yang disediakan, kemudian klik OK.
Melalui Registry
1.      Klik Start >> Run, kemudian ketik regedit untuk masuk ke Registry Editor.
2.      Setelah Anda berada di Registry Editor, masuklahke key HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop.
3.      Carilah String Value (REG_SZ) bernama WheelScrollLines di bagiankanan window.
4.      Klik dua kali value tersebut untuk mengubah value data-nya.
5.      Isikan value data WheelScrollLines dengan jumlah baris per sekali gulung yang Anda inginkan.
6.      Klik OK, kemudian tutup Registry Editor.

0 komentar:

Posting Komentar