Another Source

Selasa, 09 Oktober 2012

PHP


PHP

Sejarah PHP
            PHP adalah salah satu bahasa Server-side yang didesain khusus untuk aplikasi web. PHP dapat disisipkan diantara bahasa HTML dan karena bahasa Server side, maka bahasa PHP akan dieksekusi di server, sehingga yang dikirimkan ke browser adalah “hasil jadi” dalam bentuk HTML, dan kode PHP anda tidak akan terlihat.
            PHP dibuat pertama kali oleh satu orang yaitu Rasmus Lerdorf, yang pada awalnya dibuat untuk menghitung jumlah pengunjung pada homepagenya. Diawal Januari 2001, PHP telah dipakai lebih dari 5 juta domain diseluruh dunia, dan akan terus bertambah karena kemudahan aplikasi PHP ini dibandingkan dengan bahasa Server side yang lain. Anda dapat melihat angka sesungguhnya di http://www.php.net/usage.php.
            PHP termasuk dalam Open Source Product. Jadi anda dapat merubah source code dan mendistribusikannya secara bebas. PHP juga diedarkan secara gratis. Anda bisa mendapatkannya secara gratis. PHP juga dapat berjalan diberbagai web server  semisal IIS, Apache. PWS, dll.

Penggabungan PHP dengan HTML
            Seperti yang telah dituliskan sebelumnya bahwa PHP dapat digabung (embed) dengan HTML, Untuk penulisannya dalam HTML, kode PHP diawali dengan tanda <? atau <?php dan diakhiri dengan tanda ?>. Dan untuk menambahkan komentar diawali dengan tanda /* dan diakhiri dengan */ atau menggunakan tanda //.
Cat :
Tanda /* dan */ digunakan jika komentar yang kita tulis lebih sari 1 baris, sedangkan tanda // digunakan jika komentar yang kita gunakan hanya 1 baris saja.
Contoh penggunaan PHP :

<HTML>
<?php
    echo (“Teks ini dicetak menggunakan PHP”);
?>
</HTML>


Variabel dalam PHP
            Setiap bahasa pemrograman pastilah mempunyai suatu variabel. Variabel berfungsi untuk menyimpan beberapa bit data, sehingga untuk memanggil suatu data kita tinggal memanggil variabel tersebut.
            Dalam PHP, setiap variabel selalu dimulai dengan tanda ‘$’. Tidak peduli data tersebut apakah integer, real maupun string, PHP akan secara otomatis mengkonversi data menurut tipenya.
Contoh :

<HTML>
<HEAD>
<TITLE> Variabel dalam PHP </TITLE>
</HEAD>

<BODY>
<?
    $variabel=1;
    echo ("Nilai variabel = $variabel<BR>"); //variabel bertipe integer
    $variabel=1+3.5;
    echo ("Nilai variabel = $variabel<BR>"); //variabel bertipe double
    $variabel="Selamat datang di PHP";
    echo ("Nilai variabel = $variabel<BR>"); //variabel bertipe string
?>
</BODY>
</HTML>

0 komentar:

Posting Komentar