Another Source

Selasa, 09 Oktober 2012

Format File Sistem dalam Windows 98


Penjelasan Format File Sistem dalam Windows 98
Sistem operasi Microsoft Windows 98 mengenal beberapa jenis file sistem. Jika file‑file ini rusak atau terhapus secara tidak disengaja, sistem bisa menjadi tidak stabil atau hang.
Selain file konfigurasi yang sudah Windows. Untuk itu, CHIP akan memdikenal, seperti WIN.INI, SYSTEM. INI berikan daftar ekstensi file yang dipakai dan MSDOS.SYS, masih ada beberapa dalam Windows 98 dan sekaligus menjejenis file sistem yang lain yang berperan laskan, apa‑apa saja fungsi dari setiap file penting untuk menjalankan sistem tersebut.
• BIN: Ekstensi BIN berarti "binary". Program DBLSPACE.BIN atau DRVSPACE.BIN adalah bagian dari sistem yang berfungsi untuk mengakses drive‑drive yang terkompres.
• CAB: File‑tile CAB (Cabinet) berisi file‑tile instalasi Windows 98 dalam format yang terkompres. Jika sebuah kumpulan file berada dalam sebuah file CAB, maka is harus di‑dekompres dahulu. Setelah itu, baru Anda dapat melihat semua file yang ado. Setiap kali sistem dimulai, Windows 98 akan menyimpan database registry yang aktual sebagai cadangan dalam folder \SYSBCKUP dalam bentuk file CAB. Windows 98 akin mengenali file‑file CAB ini berdasarkan fungsinya:
BASEx.CAB dibutuhkan untuk konfigurasi awal Windows. Tanda "x" berarti untuk BASE4.CAB don BASES.CAB. File BASE4.CAB berisi file‑tile seperti DRVSPACE.BIN don EBD.CAB.
EDB.CAB berisi berbagai program perbaikan, seperti ATTRIB.EXE, FOR‑MAT. COM, CHKDSK.EXE, EDIT. COM, SCANDISK.EXE don UNINSTAL. EXE. Windows memerlukan isi file Cabinet ini untuk membuat disket startup.
CATALOG3.CAB diperlukan untuk menyimpan setting driver yang diperlukan (mouse, monitor, printer, modem, sound card, card PCMCIA, dll).
CHL99.CAB berisi Channel Bar untuk situs web dalam mode oftline.
DRIVERx.CAB menyimpan driver‑driver Windows 98, namun hanya dapat di‑copy ke harddisk, jika diperlukan untuk konfigurasi awal Windows. Tanda "x" pada namo file berarti file Cabinet DRIVER 1I.CAB sampai DRIVER2I.CAB.
MINLCAB berisi file‑file mini Windows jika di‑instal dari MS‑DOS.
NETx.CAB (NET6.CAB sampai NETIO.CAB) berisi file‑file yang berhubungan dengan driver untuk Network. File‑file CAB ini hanya bersifat opsional. Jika kita ingin menginstal sebuah jaringan, maka file‑file ini akan di‑copy ke harddisk. PRECOPYx.CAB (PRECOPYI.CAB don PRECOPY2.CAB) berisi semua file untuk instalasi don file INF (information).
wIN98x.CAB mencakup semua file WIN98 _22.CAB sampai WIN98_69.CAB. File Cabinet ini berisi file‑file untuk Windows 98. Jika Anda tidak memiliki CD instalasi Windows 98 don mengatasi masalah‑masalah dengan file sistem, maka Anda dapat melakukan langkah‑langkah pada halaman 98 don 100.
• DAT: USER.DAT (informasi khusus mengenai pemakai) don SYSTEM.DAT (informasi khusus mengenai spesifikasi hardware don PC) merupakan database registry dari Windows (gambar kiri). Biasanya, kedua file ini disimpan dalam folder "WINDOWS". Jika file database registry ini rusak, maka pada soot startup, Windows akan memakai salinan file registry. Jika salinan backup ini tidak ado, Windows tidak dapat booting.
• DLL: Ekstensi file DLL merupakan singkatan dari "Dynamic Link Library". DLLs berisi routine yang akan diakses ketika pemakai melakukan pemanggilan suatu fungsi dalam sebuah aplikasi. Jika sebuah aplikasi yang baru diinstalasikan tidak mau berjalan, kemungkinan penyebabnya bisa sebagai berikut:
Beberapa routine instalasi tidak memeriksa versi tile sistem yang diinstal don langsung meng‑overwrite file DLL yang ado di dalam sistem operas/, walaupun versinya lebih baru. Namun, Windows 98 akan mengembalikan file‑file DLL yang original pada soot startup bila Anda mengkonfirmasikan permintaan untuk meng‑update file DLL. Jika aplikasi yang baru tersebut masih tidak mau berjalan, software tersebut sebaiknya diupdate.
• DOS: Jika Windows 95/98 di‑instal melalui MS‑DOS, routine setup akan merename file‑file DOS dengan ekstensi file ini don melakukan beberapa perubahan di dalamnya, misalnya menghapus baris pernyataan Win don SHARE.EXE. Selain itu, Windows 95/98 tidak lag/ memerlukan AUTOEXEC.BAT (file batch). Tetapi, file ini tetap dipertahankan untuk tujuan kompatibilitas sistem operas/ (halaman 99).
• DRV: Driver‑driver untuk komponen hardware don software memiliki ekstensi file DRV (Driver). Agar peranti komputer dapat bekerja tanpa konflik, driver‑driver ini harus di‑update dengan versi yang aktual (biasanya bisa didapatkan di Internet).
• EXE: Ekstensi file EXE (Executable) berarti file ini dapat dijalankan don hanya dapat dihapus jika Anda sudah yakin bahwa program ini memang sudah tidak tidak lagi diperlukan. File SFC. EXE bertugas untuk memeriksa file‑file sistem yang ada di Windows 98. File ini akan membantu kita untuk mencari file sistem yang rusak, hilang atau yang diubah. Dengan memakai
setting standar yang ada di dalam file DEFAULT.SFC, sistem ini akan memerik­sa dan membantu kita dalam mengembalikan file‑file sistem yang original dari CD
Windows 98.
• FON: File‑file untuk karakter font vector (garis) dan grid (kotak) memiliki ekstensi file FON. Windows 98 menginstal karakter font vector MODERNYON seba­gai file hidden dalam folder \WIN­DOWS\FONTS. File‑file ini bertugas untuk menjamin kompatibelitas terhadap versi sebelumnya, sehingga skalanya dapat diperhitungkan sama seperti karakter font vector yang lain agar tidak bermasalah dalam semua ukuran.
• INI: File ini adalah file inisialisasi untuk aplikasi Windows, dimana tersimpan setting khusus yang dipanggil pada saat program dijalankan. Sistem operasi Windows 98 memiliki beberapa file inisial isasi, yaitu SYSTEM.INI, WIN.INI dan WINFILE.INI yang terdapat dalam direktori Windows. File‑file ini bertugas untuk menjaga kompatibelitas dengan versi Windows yang lama. Sebagai contoh: Bagi mereka yang ingin beralih dari Windows versi lama ke Windows 98, maka database registry Windows 98 akan mengambil alih fungsi dasar dari file‑file inisialisasi dari versi Windows yang lama. Namun semua pengaturan dari aplikasi Windows 3.x (16Bit Windows) dalam WIN.INI dan SYSTEM.INI tidak akan di‑update dalam registry Windows 98 karma aplikasi Win 16 Bit memang tidak dapat diakses dari Windows versi baru ini. Jika Windows 98 di instal dalam bentuk update ke dalam direktori yang sama pada Windows 3.x, maka Windows 98 akan meng‑copy setting WIN.INI, yaitu untuk path [desktop], [Windows] dan [sounds] ke dalam database registry. Selain itu, beberapa informasi SYSTEM.INI akan di‑copy ke dalam registry. Agar menjamin mode kompatibelitas dengan Windows 3.x, beberapa setting dalam INI tetap berada dalam file INI yang bersangkutan.
• INF: File INF berisi informasi mengenai sebuah device (peranti). File‑file menyediakan informasi setup untuk Windows 98 pada saat menginstal sebuah komponen hardware dan jaringan, misal­nya mengenai setting konfigurasi dan dri­ver yang dipakai. Biasanya, produsen hard­ware akan menyertakan file INF dalam sebuah disket bersama dengan peralatan­nya. Sebuah file INF terdiri dari beberapa bagian, yang di dalamnya terdapat routine instalasi dan pendeteksian hardware yang dapat memberikan penjelasan mengenai kebutuhan dasar untuk menghubungkan hardware dan software yang di‑instal. Setiap kelas (class) peralatan dijelaskan dalam sebuah bagian tersendiri, yang umumnya terdiri dari sebuah header dengan identifikasi file INF dan kelas peralatan yang didukung dan diikuti oleh bagian dari Manufacturer. Di sinilah terdaftar identitas produsen dan peranti yang diproduksi.
Di bagian Install dijelaskan mengenai device driver dan spesifikasi dari peralatannya. Selain itu, di sini disertakan juga semua petunjuk instalasi. Bagian C1assInstall mendefenisikan sebuah class peranti yang baru dan bagian Strings akan menentukan semua karakter yang dipakai dalam file INF. Selain itu, Windows 98 menyediakan file APPS.INF untuk aplikasi berbasis Win16, seperti MS‑DOS dan program Windows‑3.x, yang membutuhkan parameter khusus untuk dapat dijalankan dalam Windows 98. File ini mendefenisikan parameter untuk setiap aplikasi.
• OCX: File OCX berisi komponen software untuk mengakses sebuah program, misalnya program calender atau kalkulasi label.
• SYS: File yang berekstensi SYS (system) juga termasuk ke dalam file startup Windows, yaitu MSDOS.SYS dan IO.SYS yang berada di dalam direktori root dari sistem operasi Anda.
Jika file ini hilang atau terhapus, Windows tidak dapat melakukan prows booting atau hang (halaman 99 dan 100). IO.SYS bertugas untuk mengambil alih tugas file‑file sistem MS‑DOS. Windows 98 akan me‑rename IO.SYS dalam mode MS‑DOS menjadi IO.DOS, demikian juga dengan MSDOS.SYS menjadi MS‑DOS. DOS.
• 1TF: File True Type Font juga dikenal dengan ekstensi file TTF. Jenis font true type disimpan dalam bentuk yang sebenarnya yang langsung melambangkan setiap bentuk tulisannya. Kelebihannya adalah bentuk font yang ditampilkan di layar akan terlihat lama dengan bentuk yang akan dicetak dan merupakan file font yang mudah diatur.
Windows 98 memiliki sebuah file TTFCACHE yang tersembunyi (hidden). File ini berisi data‑data FOT untuk true type dan bertugas untuk menjamin kompatibilitas terhadap versi yang sebelumnya, misalnya Windows 3.1. Namun, file true type yang rusak dalam Win98 tidak dapat dipakai kembali.
• VXD: File virtual device driver dalam Windows 98 dan 95 memiliki ekstensi file VXD. Tanda "x" merujuk pada tipe devicenya (Virtual x Device). Artinya, virtual device driver untuk VGA card disebut sebagai VDD (display device) dan untuk printer disebut sebagai VPD (printer device). Virtual device driver merupakan driver 32 bit, yang berurusan dengan resource sistem, seperti komponen hardware.

0 komentar:

Posting Komentar