Another Source

Selasa, 09 Oktober 2012

Memperbaiki Kinerja Komputer Anda



Setahun berlalu, tanpa terasa hard disk Anda telah penuh sesak dengan file-file yang tak beraturan letaknya. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kinerja komputer Anda. Untuk mengatasinya, lakukan tune-up dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

1. Lakukan ScanDisk
Klik tombol Start->Program->Accessories->System Tools->ScanDisk. Setelah muncul windows kecil, perhatikan hal-hal berikut ini: Pada pilihan "Type of test" beri tanda koreksi dibagian "Through", dan pada pilihan "Automatically fix errors". Klik tombol "Options", pada pilihan "The area of the disk to scan" pilih "System and data areas". Jangan beri tanda koreksi apa pun di bagian tersebut. Klik tombol "OK" untuk kembali ke menu utama. Klik tombol "Advanced", pilih opsi "Always". Di bagian "Display summary", pilih opsi "Replace log". Di bagian "Log file", pilih opsi "Delete". Kemudian di bagian "Cross-linked files", pilih opsi "Free", lanjutkan ke "Lost file fragments" dan beri tanda koreksi untuk semua pilihan di bagian "Check files for". Setelah semua setting dilakukan, mulai proses ScanDisk dengan meng-klik tombol "Start". Proses ScanDisk berakhir sampai Cluster terakhir. Kemudian klik tombol "Close".

2. Disk Defragmenter
Klik tombol Start->Program->Accessories->System Tools->Disk Defragmenter. lAkan muncul windows kecil dengan pilihan Drive atau HardDisk yang akan di-defrag. Klik tombol "Start". Proses Disk Defragmenter akan berakhir sampai 100%, kemudian klik tombol "Close". Sebelum melakukan Scan Disk dan Disk Defragmenter, hapus file-file tidak berguna seperti : *.tmp ; *.bak ; *.syd ; ~*.* ; *.b~k ; *.old. Sebelumnya, kosongkan "temporary internet files" dari Microsoft Internet Explorer dan Folder "Recycle Bin".
Selamat mencoba, semoga bermanfaat:)


0 komentar:

Posting Komentar