Another Source

Selasa, 09 Oktober 2012

Tips dan Trik Komputer


Modifikasi Warna dan Teks di Tampilan LOGIN WindowsXP

Pada saat kita login di WindowsXP, kita selalu melihat warna tampilan login yang secara default seperti top panel yang biru tua, bottom panel yang birumuda dengan kombinasi biru tua dan lainnya. Dan bila anda bosan dengan warna-warna seperti itu kita bisa mengubahnya, namun sebelumnya kita harus memiliki software yang bernama ResourceHacker (atau yang lainnya kalau ada?) yang dapat anda download di http://www/sover.net/~whoi/Sofffffffware.html secara gratis. Pada kesempatan ini kita mencoba untuk mengubahnya di O/S WindowsXP

1. Sebelum anda melakukan perubahan carilah file logonui.exe di C:WINDOWSSystem32 lalu copy file tesebut dan simpan di directory lain (sebagai backup dan pengamanan).
2. Jalankan ResourceHacker.
3. Buka file logonui.exe di C:WINDOWSSystem32 .
4. Buka UIFILE10001033, kemudian turunkan scroll bar pada kolom sebelah kanan dan perhatikan isinya.
5. Cari teks yang mempunyai kode rgb yang merupakan warna mutlak atau gradient(argb) yang merupakan warna bias. Teks-teks tersebut seperti background, foreground. Namun untuk mengubah pada bagian apa yang ingin anda ganti warnanya, anda harus perhatikan style resid-nya.
6. Buka Adobe Photoshop anda, dan coba masukkan angka-angka RGB-nya sehingga anda akan melihat perubahan warna pada kotak sampelnya.
7. Ganti angka rgb tersebut sesuai dengan selera anda, setelah itu compile script perubahan yang telah dilakukan. Lalu simpan dengan nama yang sama tapi letakkan di directory lainnya (sebaiknya berbeda dengan directory dimana anda menyimpan backup file logonui.exe sebelumnya).
8. Kalau anda ingin mengubah teks pada tampilan saat login, anda bisa mengubah di String Table sesuai dengan selera anda dan jangan lupa compile script semua perubahan.
9. Tutup semua aplikasi anda, restart komputer lalu masuklah ke DOS via Bootable Disk.
10. Delete file logonui.exe di C:WINDOWSSystem32 terlebih dahulu. Kemudian copykan file logonui.exe yang telah anda modifikasi ke directory tersebut (Anda tentu tahu caranya bukan?). Jangan lupa yakinkan bahwa file yang anda copykan tersebut sudah betul-betul tersebut, sebab jika tidak ada maka anda tidak akan pernah masuk ke system WindowsXP.
11. Restart kembali komputer anda untuk kembali ke system WindowsXP, dan lihat perubahan yang menakjubkan.

Anda juga bisa memodifikasi file-file lain seperti explorer.exe, shell32.dll (seperti yang telah banyak ditutorialkan oleh teman-teman lainnya) atau bahkan aplikasi-aplikasi (executable) yang tidak di kompresi . Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar