Another Source

Selasa, 09 Oktober 2012

Tips dan Trik menghadapi Virus


Dalam menghadapi bahaya virus sangatlah penting untuk berhati-hati dalam menghadapinya. Bagaimana kita menjaga sistem komputer kita untuk menghindari terjadinya virus. Sebagai contoh virus bekerja menggunakan script VBS yang ada di komputer kita. Untuk itu langkah awal yang harus dijalankan adalah bagaimana kita mematikan fungsi script VBS yang ada. Gambaran di atas merupakan diskripsi awal bagaimana kita mengatasi virus baik yang di single user maupun di kalangan corporate. Di bawah ini kami akan mencoba membantu anda dalam hal mengantisipasi datangnya virus baik yang dimulai dari sistem komputer yang anda gunakan :
 Menonaktifkan script windows yang tidak digunakan.
Ini biasanya dilakukan jika kita mendapatkan virus dengan penyebaran melalui website. Misalnya virus VBS.Redlof, dimana virus ini akan menginfeksi file-file yang dijalankan menggunakan script-script html, seperti : ..vbs, .jsp, .htt, .htm, .php, asp, .html. Langkah awal anda harus menonaktifkan Windows Scripting Host (WSH) yang dapat anda temui hanya di windows 98 di start-setting-control paneladd/ remove programs-windows setup-accessories hapus WSH dengan menghilangkan tanda checklist yang ada. Kalaupun perlu anda bisa juga menghapus file type tersebut dari komputer anda. Tetapi resikonya apabila anda menjalankan file dengan ekstension tersebut maka file tersebut tidak bisa dijalankan.
Menghapus file yang tidak diperlukan.
Lakukan hal ini jika sistem anda ingin terhindar dari virus yang menggunakan file yang sudah tidak digunakan sebagai alat untuk penyebarannya. Misalnya virus jenis JS/exploit yang biasanya muncul di internet temporary files yang tidak dihapus. File dimana saja yang mesti harus kita buang ?. Hapus saja file yang terdapat di recycle bin, Internet Temporary File, File-file Temporary windows, Cookies yang tidak digunakan. Untuk berjaga-jaga aktifkan secara otomatis konfigurasi untuk menghapus temporary internet fiel di menu IE tools-internet options-settings atau juga hapus file secara langsung tanpa masuk ke recycle bin.
Mengamankan sharing di jaringan.
Berhati-hatilah terhadap masalah ini karena hampir sebagian virus saat ini cepat menyebar melalui open share yang ada di jaringan. Untuk menghindari hal tersebut lakukan pengunaan security di sharing anda. Gunakan mode read only atau gunakan password untuk keamanan. Dalam pembuatan password sebaiknya gunakan password yang unik, dan kemampuan virus yang ada sekarang bisa melakukan crack password. Misalnya saja anda menggunakan password ?abc? atau ?12345? alangkah baiknya anda gunakan password menggunakan kombinasi karakter seperti ?1a2bcb3? atau menggunakan spasi di password anda. Mengapa kita menggunakan spasi ? Karena spasi bukanlah sebuah simbol, angka atau huruf. Jadi kalau ada program yang bisa membaca password, pasti untuk kombinasi dengan spasi tidak akan mudah dijebol. Hal ini berlaku juga jika anda menggunakan printer sharing lakukan hal yang sama dalam menggunakan password sebagai pengamanan. Yang baru-baru ini terjadi adalah virus Opaserv dan Bugbear.B. Mematikan service-service yang tidak diperlukan. Maksudnya untuk membatasi akses ke port yang tidak digunakan. Sebagai contoh anda menggunakan windows 2000 tetapi anda tidak memerlukan aplikasi IIS. Aplikasi ini dijalankan di port 80 sebagai aplikasi untuk http. Virus yang menyerang seperti NIMDA, CODERED, SQLSLAMMER. Virus tersebut akan menggunakan port-port yang mempunyai celah keamanan sebagai sarana untuk penyebarannya.
 Menjaga drive dari pertukaran data yang beresiko mengandung virus.
Lakukan hal ini apabila anda sering menggunakan pertukaran data yang terjadi di disket. Walaupun virus yang ada tidak beresiko tinggi tetapi anda harus berhati-hati. Virus yang biasa disebabkan oleh hal ini adalah virus-virus jenis bootrecord dan partisi.
Lakukan backup data secara teratur.
Untuk menghindari dari kerusakan data yang dikarenakan oleh virus. Terutama data yang anda anggap penting. Pernah terjadi virus Explore.Zip yang mengakibatkan data dengan format Ms.Office berubah ukurannya menjadi 0 kb. Walaupun data bisa dikembalikan tetapi memerlukan waktu dan biaya yang cukup besar.
Tutup celah keamanan sistem windows.
Karena hampir sebagian besar virus menyerang Windows dengan menggunakan celah keamanan yang ada, maka dianjurkan anda untuk melakukan update terhadap sistem Windows. Update kebanyakan dilakukan di Internet Explorer maupun Outlook Ekspress dengan melakukan update [patch yang terbaru. Ini bisa anda dapatkan dengan download secara gratis di www.microsoft.com/technet/security/bulletin/ms99-032.asp. Adapun contoh virus yang biasa menggunakan celah keamanan di windows, seperti : SQL SLAMMER, Opaserv. Hal-hal tersebut di atas merupakan cara preventif jika anda tidak menggunakan antivirus. Apabila di komputer anda sudah terpasang antivirus sebaiknya lakukan update terbaru definisi virus yang dilakukan secara otomatis. Jika anda terhubung di jaringan usahakan anda install antivirus di semua komputer yang ada. Dan tidak ada antivirus yang menjamin 100% bebas virus, walaupun anda sudah memasang antivirus yang berharga mahal. Kalaupun anda tidak bisa membeli software antivirus anda juga dapat menggunakan removal tools antivirus yang dapat didownload secara gratis di masing-masing antivirus. Penggunaan removal tools hanya untuk virus tertentu saja dan tidak bisa dilakukan update. Ini biasanya dikeluarkan vendor antivirus untuk virus-virus yang dianggap berbahaya.






0 komentar:

Posting Komentar