Another Source

Jumat, 03 Februari 2012

Multiuser pada system DS-CDMA (Jalur Downlink)


·         Pada operasi down link CDMA, base station membangkitkan sustu deretan data untuk k setiap unit bergerak dan mengalikan ini dengan deretan suatu kode DS yang cocok, c1(t). Pada bagian sebelumnya sudah didemonstrasikan bagaimana sebuah deretan sinyal baseband spread spectrum dibangkitkan oleh suatu multiplier dimana kode DS (Tc) disinkronkan dengan deretan data biner (Tb). Sekarang, untuk deretan data yang jamak (pada gambar 12 dicontohkan dengan 3 deretan data), prosesnya adalah :
a.       Spreading : y1 (t) = c1(t) b1(t)
b.      Kombiner : y1(t) =  cj(t) bj(t)
c.       Modulasi RF : y’(t) = [cj(t) bj(t)] cos (ωct + φi)
Sinyal y’(t) ini akan dipancarkan oleh base station pada bandwidth yang ada menuju penerima (unit bergerak).
Pada penerima bergerak, sinyal yang diterima oleh penerima tertentu (i) adalah zi(t) + noise, dimana :
                        z’(t) = Ai(t) [cj(t-ti) bj(t-ti)] cos (ωct + φi)
Sinyal tersebut mengandung sinyal yang diinginkan oleh penerima sinyal dari pemakai / unit yang lain. Setelah proses multiplikasi oleh suatu carrier (fasa ditentukan oleh penerima), sinyal akan mengalami proses dispreading oleh suatu deretan kode DS local yang merupakan replica / tiruan dari kode DS yang dipancarkan. Kode ini harus memiliki sinkronisasi yang sempurna dengan kode yang dipancarkan sehingga :

                        cj(t-ti) bj(t-ti) = ci2 (t-ti) = 1

Output dari multiplier menghasilkan signal yang diinginkan ditambah sinyal pengganggu yang lain. Idelanya, integrator menghasilkan cross correlation yang berharga nol untuk sinyal yang diinginkan dengan sinyal pengganggu. Oleh sebab itu, maka keluaran untuk penerima I sesuai dengan deretan data  yang dikirim yaitu b(t-ti).
Pada bagian selanjutnya, akan dibahas mengenai contoh-contoh operasi downlink DS CDMA untuk setiap penerima dilihat dari bentuk sinyalnya.



Dari hasil yang diperoleh di atas, terlihat bahwa dengan kode PN yang sama dengan kode pada mobil C (lihat bagian sebelumnya) akan menghasilkan keluaran berupa deretan data yang dikirimkan menuju mobil C yaitu 10110. Deretan data yang dikirimkan oleh basestation (lihat bagian bentuk sinyal untuk penerima mobil C pada operasi downlink DS-CDMA)









0 komentar:

Posting Komentar