Another Source

Senin, 06 Februari 2012

Trouble Shooting pada SKRGM


Kegagalan yang biasa terjadi di sisi tranmit yaitu antara lain :
o Kecacatan pada pengukuran Transmit IF Level.
o Kecacatan pada pengukuran daya keluaran pada Transmitter Unit.
o Kecacatan pada pegukuran Level Local Osilator.
o Kecacatan pada pengukuran Modulator.
Gangguan –gangguan diatas dapat disebabkan antara lain oleh redaman yang terjadi pada amplifier, redaman yang tinggi pada waveguide, dan pemasangan konektor yang kurang kuat atau tepat.
Untuk mengetahui adanya gangguan yang terjadi pada sisi transmit,dapat dilihat pada alarm panel.Jika lampu alarm untukTx/Rx ataupun modulator menyala.Langkah pertama adalah koordinasi dengan lawan untuk memindahkan ke kanal standby dan harus diperhatikan selanjutnya adalah modul yang mengalami gangguan.Misalnya pada bagian transmitter, langkah yang dapat ditempuh antara lain :
o   Mengadakan pergantian modul
Bila setelah melakukan pergantian modul sistemtelah dapat bekerja dengan baik, Jika sistemmasih mengalami gangguan dapat dipastikan kerusakan bukan pada modul tersebut.
o   Melakukan Loop Back
Selain cara pergantian modul,penangan gangguan dapat pula dengan cra loop back.Cara ini dapat dilakukan pada modul Tx/Rx Rack maupun modem.Setelah melakukan loop back ternyata gangguan benar terjadi pada perangkat sendiri barulah kemudian diadakan pemeriksaanmodul.
      Jika pada saat pengukuran hasil yang diperoleh ada yang diluar spesifikasi atau tolak ukur,perangkat yang mengalami kerusakan harus terlebih dahulu diperiksa pada bagian mana dari perangkat tersebut yang mengalami kerusakan dan apabila kerusakan tersebut tidak dapat lagi ditolelir,maka perangkat tersebut harus segera diganti.
A.Loop Back
                  Loop Back merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mengetahui letak gangguan pada suatu sistem di stasiun sendiri atau di stasiun lawan

0 komentar:

Posting Komentar