Another Source

Jumat, 03 Februari 2012

SOP Aktivasi MUAP (Multi Unit Access Point)


Multi Unit Access Point (MUAP) biasanya hubungan antara Node Tellabs ke arah Router PE atau Node Frame Relay. Koneksi antara keduanya menggunakan kabel 2M dengan connector DB-9 pada node Tellabs dan RJ-45 pada Router PE serta DB-15 pada Node Frame Relay

Langkah penyambungan fisiknya adalah sbb:

  1. Siapkan 2 buah kabel 2 M dengan panjang secukupnya.

  1. Hubungkan ujung yang satu pada kabel pertama dengan connector DB-9 pada Pin 1 dan 2 , kemudian hubungkan kabel ke 2 pada pin 4 dan 5.

  1. Siapkan ujung yang lainnya dengan menggunakan crimping tools untuk connector RJ-45 pada pin 1 dan 2 pada kabel pertama serta pin 4 dan 5 pada kabel kedua (untuk MUAP ke Router PE), Atau gunakan DB-15 kemudian solder pada pin 1,9 dan 2 (grounding) pada kabel pertama dan pada pin 3,11 dan 10 (grounding) untuk kabel kedua  (untuk MUAP ke Node Frame Relay)

  1. Hubungkan connector yang sudah siap tersebut ke Node Tellabs pada modul G.703 yang telah dialokasikan dengan connector DB-9 dan pada sisi lainnya ke Router PE pada port E1-C  untuk RJ-45 (untuk MUAP ke Router PE) . Untuk jarak dekat direkomendasikan tidak menggunakan DDF,  direct connecting.

  1. Apabila menggunakan DDF, sebelum menjamper pastikan agar diperiksa lebih dahulu sinyal TX dan Sinyal RX dari Node dan dari Router PE atau Frame Relay agar tidak berbenturan, dengan alat Bantu LED atau Multi tester pada posisi Volt AC range 10. Prinspnya sinyal Tx di Node bertemu dengan sinyal Rx di Router PE atau Node Frame relay. (lihat ilustrasi)
Ilustrasi


SOP Gangguan MUAP

Langkah penelusuran gangguan adalah sbb :

  1. Siapkan alat Bantu seperti LED atau Multi tester
  2. Cek connector DB-9 di module G.703, apakah baut pengikat terlepas dan goyang , atau solderan pada pin DB-9 ada yang terlepas.
  3. Cek Crimpingan pada connector RJ-45 pada Router PE port E1-C serta connector  DB-15 pada Node Frame Relay apakah ada yang kurang kencang atau ada solderan yang terlepas.
  4. periksa sinyal tx pada kabel connector menggunakan LED atau Multitester pada posisi volt AC range 10, seharusnya sinyal tx akan terbaca pada Pin 1,2 di DB-9 dan pada Pin 4,5 di RJ-45 atau Pin 3,11 pada DB-9
  5. Apabila menggunakan DDF (bukan direct connecting) periksa di DDF dengan LED atau Multi tester, apakah ada yang bad contact.
  6. Prinsipnya Sinyal Tx pada node tidak boleh berbenturan dengan sinyal Tx pada Router PE atau Node Frame Relay (lihat ilustrasi)


0 komentar:

Posting Komentar